Keluar Lendir Putih Saat Buang Air Besar

Keluar Lendir Putih Saat Buang Air Besar – Bagaimana jika feses bayi saya lengket dan berdarah? Berikut 6 kemungkinan alasannya Tanggal diterbitkan: 22 Februari 2019 Terakhir diperbarui: 29 Desember 2021 Dikomentari: 13 Juni 2019 Waktu baca: 3 menit

Orang tua mana yang tidak khawatir ketika menemukan lendir dan darah pada tinja anaknya. Lendir dan tinja berdarah pada bayi Anda memerlukan penanganan segera, terutama jika tampak tidak normal dan disertai kegelisahan. Lalu apa saja penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya? Lihat komentar di bawah.

Keluar Lendir Putih Saat Buang Air Besar

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan BAB berdarah. Dari situasi yang cenderung ringan dan tidak berbahaya, seperti mengonsumsi makanan tertentu, hingga situasi berbahaya, seperti gangguan pencernaan dan infeksi.

Keputihan Pada Remaja, Apakah Normal?

Hal yang sama berlaku untuk lendir saat buang air besar. Sejumlah kecil lendir pada tinja adalah hal yang normal, namun terlalu banyak lendir disertai darah bisa menjadi tanda infeksi atau masalah lain pada sistem pencernaan. Oleh karena itu, sebaiknya periksakan ke dokter sebelum kondisinya menjadi serius dan berbahaya.

Infeksi yang disebabkan oleh bakteri tertentu (seperti salmonella, shigella, atau E. coli) atau parasit kecil seringkali menyebabkan tinja berdarah dan lendir. Bayi yang terinfeksi sering kali mengalami diare, demam, muntah, dan sakit perut.

Infeksi ini terjadi karena mengonsumsi makanan atau minum cairan yang terkontaminasi bakteri penyebab penyakit. Jenis pengobatan tergantung pada penyebab spesifik infeksi.

Waspadai tanda-tanda dehidrasi yang bisa muncul bersamaan dengan diare dan muntah, termasuk jika bayi Anda sangat rewel, tidur lebih lama dari biasanya, mata cekung, kepala murung, kulit dingin, dan jarang buang air kecil. Bila gejala tidak kunjung membaik, berikan anak ASI atau susu formula dan segera bawa anak ke dokter.

Begini Warna Dan Tekstur Bab Bayi Saat Sedang Terkena Diare

Feses yang berdarah dan lengket pada bayi juga bisa merupakan reaksi terhadap makanan. Reaksi ini disebabkan oleh protein dalam makanan tertentu, paling sering adalah susu dan kedelai. Namun bisa juga dipicu oleh makanan lain, terutama saat bayi pertama kali terpapar makanan baru.

Jenis reaksi makanan ini—yang secara medis dikenal sebagai sindrom enterokolitis yang diinduksi protein, atau FPIES (sindrom enterokolitis yang diinduksi protein makanan)—bisa menjadi serius karena dapat menyebabkan dehidrasi dan penambahan berat badan yang buruk. Sebaiknya hindari makanan yang diduga menyebabkan tinja lengket dan berdarah pada bayi Anda.

Jaringan di ujung usus yang memungkinkan tinja keluar dari saluran pencernaan mengandung banyak pembuluh darah kecil. Jika tinja yang keras melewati saluran ini, terkadang dapat menyebabkan robekan kecil pada jaringan anus. Akibatnya, darah terbawa dalam tinja sehingga menyebabkan tinja anak berubah warna.

Pada kondisi ini, kelebihan lendir biasanya tidak berhubungan, namun darah di bagian luar tinja mendominasi. Lecet pada anus ini biasanya sembuh tanpa pengobatan, namun dokter mungkin menyarankan untuk mengubah pola makan bayi Anda untuk menghindari sembelit atau tinja yang keras.

Cara Menghilangkan Keputihan Secara Alami

Jika Anda masih menyusui, coba pantau asupannya. Jika bayi Anda mendapat ASI terlalu banyak, hal ini juga dapat menyebabkan sedikit darah pada tinja bayi Anda.

Ini karena laktosa dalam kolostrum dapat mengiritasi usus. Kolostrum adalah bagian ASI segar yang mengandung laktosa tinggi.

Intususepsi merupakan salah satu penyebab tinja berdarah dan lengket pada bayi, namun cukup jarang terjadi. Hal ini terjadi ketika bagian atas usus berpindah ke bagian usus di bawahnya (setelahnya), sehingga menyebabkan penyumbatan lipatan.

Gejala khas intususepsi antara lain kram perut (nyeri membuat anak sangat gelisah), muntah-muntah, penurunan tenaga, serta tinja yang mengandung darah dan lendir (seperti agar-agar merah). Meski jarang terjadi, kondisi ini merupakan masalah serius yang memerlukan penanganan medis lebih lanjut.

Keputihan Warna Putih Susu, Apa Artinya?

Masalah lain pada saluran pencernaan bayi juga dapat menyebabkan tinja berdarah dan lendir, seperti berbagai jenis radang usus besar. Kolitis adalah istilah umum yang menggambarkan peradangan pada usus besar, yang dapat disebabkan oleh berbagai macam penyebab.

Beberapa penyebab tinja berdarah dan berlendir pada bayi mudah diobati, meski ada pula yang bisa mengancam nyawa. Oleh karena itu, penting untuk segera menghubungi dokter jika bayi Anda mengalami kondisi ini. Dapatkan bantuan medis darurat jika anak Anda menunjukkan tanda-tanda dehidrasi, demam tinggi, atau pendarahan hebat saat buang air besar.

Para editor berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca. Kami bekerja sama dengan dokter dan profesional kesehatan dan menggunakan sumber terpercaya dari otoritas terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Wilkinson, JM (2015, 17 Juni). Apa yang menyebabkan lendir terbentuk pada tinja? Apakah ini sebuah masalah? Diperoleh dari (http://www.mayoclinic.org/mucus-in-stool/expert-answers/faq-20058262)

Penyebab Buang Air Besar Berdarah

Fyderek, K., Strus, M., Kowalska-Duplaga, K., Gosiewski, T., Wedrychowicz, A., Jedynak-Wasowicz, U., … Heczko, PB (2009, November 14). Mikroflora bakteri mukosa dan ketebalan lapisan lendir pada remaja dengan penyakit radang usus. Jurnal Gastroenterologi Dunia: WJG, 15(42), 5287-5294 (http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2776855/)

Artikel ini hanya untuk informasi kesehatan dan bukan untuk diagnosis medis. Disarankan untuk terus berkonsultasi langsung dengan dokter yang ahli di bidangnya.

Konten ditulis atau direview oleh tenaga kesehatan profesional dan didukung oleh setidaknya tiga referensi dan sumber yang kredibel.

Tim editorial berkomitmen untuk menyediakan konten yang akurat, komprehensif, mudah dipahami, terkini, dan dapat ditindaklanjuti. Anda dapat membaca proses pengeditan selengkapnya di sini.

Tanda Ibu Hamil Mengalami Keguguran, Hati Hati Ya!

Jika Anda mempunyai pertanyaan atau komentar mengenai artikel kami, Anda dapat memberitahu kami melalui WhatsApp 0821-2425-5233 atau mengirim email ke [email protected]. Tahukah Anda bahwa setiap hari ada bagian tertentu di tubuh kita yang memproduksi lendir? Lendir yang disekresikan membantu melindungi bagian tertentu dari tubuh kita. Misalnya pada saluran pencernaan, usus besar mengandung sel goblet yang menghasilkan lendir. Lendir ini berfungsi untuk memisahkan bakteri saluran cerna dari dinding usus besar. Usus besar mempunyai dua lapisan lendir, lapisan luarnya longgar, mudah dilepas dan mengandung mikrobiota. Sebaliknya, lapisan lendir bagian dalam lebih padat, melekat erat pada dinding usus besar, dan tidak mengandung bakteri. Fungsi lapisan lendir bagian dalam adalah untuk mencegah kontak mikrobiota dengan dinding usus besar. Lapisan lendir pada usus besar juga berfungsi untuk melembabkan dan melumasi dinding usus besar, serta melindunginya dari zat berbahaya.

Tidak hanya melindungi, keberadaan lendir di usus besar juga terbukti membantu keluarnya tinja dari usus. Oleh karena itu, sejumlah kecil lendir mungkin terdapat dalam tinja. Namun, jika Anda melihat banyak lendir, apakah ini normal? Yuk cari tahu di artikel ini.

Feses yang normal tidak banyak mengandung lendir. Jika terdapat lendir, warna normal lendir tersebut mungkin berwarna coklat atau bening. Bahkan, sebagian orang terkadang tidak menyadari bahwa terdapat lendir pada tinjanya karena jumlahnya yang sangat sedikit. Jika jumlah lendir pada tinja banyak dan berulang-ulang, hal itu mungkin menandakan adanya masalah pada saluran pencernaan.

Jika gejala di atas muncul dan terdapat lendir pada tinja, hal ini mungkin menandakan adanya masalah pada saluran pencernaan, dan penyebabnya harus dianalisa untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Najis Berlendir Berlebihan? Cuba Periksa, 10 Masalah Ini Puncanya

Jika pada tinja Anda tidak banyak ditemukan lendir, namun hanya muncul sesekali dan tidak disertai gejala seperti diare, sakit perut, tinja berdarah, dan lain-lain, Anda hanya perlu memantaunya. Namun, jika kondisinya memburuk dan lendir menjadi lebih banyak serta gejala penyerta yang disebutkan di atas terjadi, hubungi dokter Anda. Dokter akan melakukan wawancara, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan tambahan yang diperlukan untuk mengetahui akar penyebab keluhan Anda. Beberapa pemeriksaan yang mungkin dilakukan antara lain pemeriksaan feses lengkap, kultur feses, endoskopi, dan CT scan perut. Setelah menentukan penyebab dan diagnosis, dokter dapat merekomendasikan pengobatan apa yang mungkin Anda terima. Selain pengobatan, pola makan sehat juga penting untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Fakhoury M, Negrulj R, Mooranian A, Al-Salami H. Penyakit radang usus: aspek klinis dan pengobatan. J Peradangan Res. 23 Juni 2014; 7:113-20.

Birchenough GM, Johansson ME, Gustafsson JK, Bergström JH, Hansson GC. Kemajuan baru dalam sekresi dan fungsi lendir sel goblet. Imunologi mukosa. Juli 2015;8(4):712-9.

Sokic-Milutinovic A, Pavlovic-Markovič A, Tomasevic R, S, Lukic S. Diare sebagai tantangan klinis: pendekatan dokter umum. Gali Dis 2022;40:282-289.

Ini Tanda Keputihan Yang Berbahaya

Diare hidroalkohol Diare akut Dispepsia diet Dr. Virlija Nanda Muzellina Pendidikan Kesehatan GERD IBD IBS Kanker Kolorektal Kanker Usus Besar Kembung Kolitis Ulseratif Sembelit Makanan Berlemak Mual dan Muntah Sakit Perut Penyakit Crohn Bisul Perut Sembelit Video Fiber eBook Gratis untuk Ibu Hamil! Apa yang perlu Anda ketahui untuk mencegah kanker serviks.

Vaksinasi untuk orang dewasa Tes kulit sensitif Tes risiko kanker hati Diabetes Tes manajemen mandiri Tes risiko kanker kolorektal Tes risiko kanker paru-paru Lihat semua alat kesehatan

Grafik Pertumbuhan Bayi Grafik pertumbuhan bayi sangatlah unik. Grafik pertumbuhan anak memberikan gambaran umum, dengan mempertimbangkan rata-rata jumlah membaca dalam suatu populasi. Jangan khawatir jika kemampuan membaca (persentil) anak Anda rendah, yang penting kemampuan membaca meningkat seiring berjalannya waktu (pola pertumbuhan positif). Lihat tes risiko pradiabetes lainnya Lihat tes manajemen mandiri diabetes lainnya Lihat selengkapnya

Nurul Halifah Kehamilan • 2 tahun, trimester ketiga Vicky Yong Hamil • 2 tahun Tahukah Anda pemindaian bayi mana yang lebih baik untuk ibu hamil? Degaaul Michael Parenting • 2 Tahun Bekerja Dari Rumah Parenting AAmira Zulaikha Parenting • 2 Tahun Tunjangan Anak

Bab Berdarah Saat Hamil, Ini Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Jika Anda masih menghadapi situasi yang sama hingga saat ini, ada beberapa hal penting yang perlu Anda ketahui. Yuk terus baca artikelnya untuk mengetahui lebih lanjut!

Kita harus melalui banyak gerakan termasuk mengangkat, mengangkat atau hal yang paling umum dalam hidup, buang air besar.

Perilaku buang air besar identik dengan tindakan buang air besar karena pada saat itulah seseorang membutuhkan dorongan atau desakan untuk mengeluarkan tinja yang padat.

Anda mungkin juga perlu mengejan lebih keras dan sering, terutama jika Anda memiliki masalah usus seperti sembelit, namun sebaiknya Anda tidak mengejan terlalu keras karena berisiko terkena wasir.

Tanda Tanda Keputihan Berbahaya, Kenali Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Meski banyak orang yang tidak menyadarinya, mengejan saat buang air besar bisa menyebabkan urine bocor sekaligus sehingga memberi tekanan pada usus besar dan kecil.

Kalau urine keluar saat buang air besar, itu saja

Buang air kecil keluar lendir putih, penyebab buang air besar keluar lendir darah, buang air besar lendir, buang air besar keluar darah dan lendir disebabkan oleh apa, susah buang air besar keluar lendir, buang air besar keluar lendir, keluar lendir saat buang air besar, keluar lendir putih saat buang air kecil, buang air besar keluar lendir putih, keluar lendir seperti putih telur saat buang air kecil pada wanita, buang air besar keluar lendir campur darah, ketika buang air kecil keluar lendir seperti putih telur

<a href=”https://ippei-kun.com” target=”_blank”>https://ippei-kun.com</a>
<a href=”https://juliabenson.net” target=”_blank”>https://juliabenson.net</a>
<a href=”https://ismaniadoneyet.com” target=”_blank”>https://ismaniadoneyet.com</a>
<a href=”https://historia-del-arte.net” target=”_blank”>https://historia-del-arte.net</a>
<a href=”https://newuntitledpage.com” target=”_blank”>https://newuntitledpage.com</a>
<a href=”https://metalevel.net” target=”_blank”>https://metalevel.net</a>
<a href=”https://ravenecho.com” target=”_blank”>https://ravenecho.com</a>
<a href=”https://blackaphillyated.com” target=”_blank”>https://blackaphillyated.com</a>
<a href=”https://cocktailsspiritsliquors.com” target=”_blank”>https://cocktailsspiritsliquors.com</a>
<a href=”https://formrage.com” target=”_blank”>https://formrage.com</a>
<a href=”https://nadinemenz.com” target=”_blank”>https://nadinemenz.com</a>
<a href=”https://houghtonlakeboard.org” target=”_blank”>https://houghtonlakeboard.org</a>
<a href=”https://carafranchising.com” target=”_blank”>https://carafranchising.com</a>
<a href=”https://rizhaofficial.com” target=”_blank”>https://rizhaofficial.com</a>
<a href=”https://sheprofilers.com” target=”_blank”>https://sheprofilers.com</a>
<a href=”https://giambeogiamcan.com” target=”_blank”>https://giambeogiamcan.com</a>
<a href=”https://corkstreetopenexhibition.com” target=”_blank”>https://corkstreetopenexhibition.com</a>
<a href=”https://ph-shinjuku-est.com” target=”_blank”>https://ph-shinjuku-est.com</a>
<a href=”https://cybwarrior.com” target=”_blank”>https://cybwarrior.com</a>
<a href=”https://curlingscoops.com” target=”_blank”>https://curlingscoops.com</a>
<a href=”https://strongbowsaga.com” target=”_blank”>https://strongbowsaga.com</a>
<a href=”https://drinariver.com” target=”_blank”>https://drinariver.com</a>
<a href=”https://laharinera.com” target=”_blank”>https://laharinera.com</a>
<a href=”https://tracypricethompson.com” target=”_blank”>https://tracypricethompson.com</a>
<a href=”https://katsuakifujiwara.com” target=”_blank”>https://katsuakifujiwara.com</a>
<a href=”https://kennyforcongress.com” target=”_blank”>https://kennyforcongress.com</a>
<a href=”https://medicinskirjecnik.com” target=”_blank”>https://medicinskirjecnik.com</a>
<a href=”https://cazamayorargentina.com” target=”_blank”>https://cazamayorargentina.com</a>
<a href=”https://reservadecijara.com” target=”_blank”>https://reservadecijara.com</a>
<a href=”https://onlineearning4u.com” target=”_blank”>https://onlineearning4u.com</a>
<a href=”https://sznbowler.com” target=”_blank”>https://sznbowler.com</a>
<a href=”https://altenberg-rax.com” target=”_blank”>https://altenberg-rax.com</a>
<a href=”https://doktertomi.com” target=”_blank”>https://doktertomi.com</a>
<a href=”https://failingershotelgunter.com” target=”_blank”>https://failingershotelgunter.com</a>
<a href=”https://randomthingsthatilike.com” target=”_blank”>https://randomthingsthatilike.com</a>
<a href=”https://histoire-bretagne.com” target=”_blank”>https://histoire-bretagne.com</a>
<a href=”https://stakaoka.co” target=”_blank”>https://stakaoka.co</a>
<a href=”https://espoonsulkapallo.net” target=”_blank”>https://espoonsulkapallo.net</a>
<a href=”https://lucianopagliarini.com” target=”_blank”>https://lucianopagliarini.com</a>
<a href=”https://eladezaharadelosatunes.org” target=”_blank”>https://eladezaharadelosatunes.org</a>
<a href=”https://livinginportland.org” target=”_blank”>https://livinginportland.org</a>
<a href=”https://margaretrivervista.com” target=”_blank”>https://margaretrivervista.com</a>
<a href=”https://elsocialista.org” target=”_blank”>https://elsocialista.org</a>
<a href=”https://monolith-web.net” target=”_blank”>https://monolith-web.net</a>
<a href=”https://nimrodstreet.com” target=”_blank”>https://nimrodstreet.com</a>
<a href=”https://ekgib.com” target=”_blank”>https://ekgib.com</a>
<a href=”https://judgejohnroberts.com” target=”_blank”>https://judgejohnroberts.com</a>
<a href=”https://cleaningservicejogja.bio.link/” target=”_blank”>cleaning service panggilan jogja</a>
<a href=”https://desty.page/cleaningservicepanggilanjogja” target=”_blank”>cleaning service panggilan jogja</a>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *